Wujud Sinergitas, PC ANSOR Kunjungi Kakankemenag OKU Timur

NU Sumsel Online – Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.OKU Timur, H. Abdul Rosyid hari ini (06/10) menerima kunjungan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kab. OKU Timur.

Bertempat di ruang kerjanya, kunjungan sekaligus silaturahmi Ketua GP Ansor OKU Timur Eko Nurcholis, S.Pd.I didampingi bendahara umum H. Ali Taufiq, S. Sos.I, MM disambut hangat oleh Kepala Kemenag OKU Timur.

Dalam kesempatan itu Abdul Rosyid mengucapkan selamat datang dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua GP Ansor OKU Timur dan pengurus lainnya. Dirinya juga sangat menyambut baik apa yang diprogramkan oleh jajaran GP Ansor Kab.OKU Timur. Rosyid berharap sinergitas GP Ansor bersama Kementerian Agama benar-benar dapat meningkatkan perannya di tengah masyarakat dengan mengadakan kegiatan positif agar tercipta masyarakat yang damai, toleran, dan religius.

“ Banyak hal yang bisa GP Ansor Kab.OKU Timur lakukan seperti kegiatan kebaktian sosial kemasyarakat dan turut berperan dalam pembangunan daerah. Bagi kami, salah satu tugas dan fungsi Kementerian Agama, yaitu membangun kerjasama secara kemitraan dengan berbagai unsur dan lintas lembaga termasuk ormas,” Ujar Abdul Rosyid.

Abdul Rosyid menambahkan terkait konsep moderasi beragama di Kabupaten OKU Timur menurutnya kita harus memahami agama secara moderat yaitu kita tidak ekstrim kanan dan ekstrim kiri (berada ditengah-tengah) dan agar kita bisa berada di tengah-tengah kita harus memilki pengetahuan agama secara keseluruhan dan mempunyai sikap yang toleran. Dan alhamdulilah di Kab.OKU Timur memiliki kearifan lokal yang sangat membantu, tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya (Kementerian Agama) berupaya menggandeng seluruh komponen mulai perguruan tinggi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan hingga lembaga pendidikan. Kita ingin pengamalan agama betul-betul sesuai tujuannya, yaitu menjadikan orang lebih baik. Kita ingin jemput masa depan yang baik dengan kedewasaan beragama, ungkap Rosyid.

“ GP Ansor harus menjadi pendukung dan pengemban amanah dalam menyebarluaskan konsep moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat. Para pemuda harus juga diedukasi terkait moderasi beragama, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan menghargai kearifan lokal,” ucapnya.

Hal senada juga sampaikan langsung oleh ketua GP Ansor Eko Nurcholis bahwasanya apa yang menjadi harapan Kakankemenag OKU Timur pihaknya akan terus mendukung sepenuhnya terlebih dalam membina ummat.

“Alhamdulillah pada kesempatan pagi ini dari sahabat Ansor Banser, mendapatkan kesempatan silahturahmi kepada Bapak Abdul Rosyid selaku Kepala Kantor Kemenag Kab.OKU Timur,”ujarnya.

Usai memperkenalkan diri, Eko Nurcholis melaporkan terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pemuda Ansor Kab.OKU Timur salah satu agenda dalam waktu dekat akan diadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar ke I yang akan dilaksanakan di desa Margacinta Kec. Belitang Madang Raya. Dirinya berharap kegiatan LKD angkatan I ini akan sukses, sukses penyelenggaraannya dan juga sukses dalam pengkaderannya, ungkapnya. (Jodi)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Sungkem Gurunya Gus Atho

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi disele-sela mengikuti rapat bersama KH …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *