Selain Inovatif, Program Madrasah Muslimat Tepat dan Manfaat untuk Jama’ah NU Lempuing Jaya OKI

NU Sumsel Online – MWC NU dan PAC Muslimat Lempuing Jaya OKI Laksanakan Program Madrasah Muslimat di Ponpes Kalijaga Sukamaju, pada hari Minggu 24 Oktober 2021.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Dr. Darul Abror, M.Pd, Selaku Ketua LP Ma’arif NU OKI, Ky. Jamiludin,S.Pd, Ketua MWC NU Lempuing Jaya, Ibu Hj. Emawati, Ketua PAC Muslimat Lempuing Jaya, Ketua LBM MWC NU  Lempuing Jaya Ky Romadhon, S.Pd. dan juga  Ky. M. Habib sebagai Ketua Lembaga Dakwah MWC NU Lempuing Jaya, serta seluruh pengurus dan jamaah ranting muslimat  Sukamaju,  Sukajaya dan Tanjungsari 2.

Awalnya, Ketua LP Ma’arif NU OKI, Dr. Darul Abror, M.Pd, sekaligus Sekretaris MWC NU Lempuing Jaya bersama dengan beberapa pengurus MWC NU dan PAC Muslimat Lempuing Jaya berdiskusi tentang rencana program inovatif yang relevan dengan kebutuhan jamiyyah dan Jama’ah.

Ibu Hj. Emawati  menyampaikan “Jika dilihat kebutuhan jama’ah muslimat, sepertinya lebih ingin belajar yang praktis dan mudah di cerna oleh ibu-ibu bab amaliah ibadah sehari-hari” Ucap Ketua PAC Muslimat Lempuing Jaya.

Dr. Darul Abror, M.Pd. Langsung menjawab, “ya sudah kita buat aja program madrasah untuk   ibu-ibu, ngajinya praktis hasilnya yang fantastis”, ya Madrasah Muslimat”  Ucap Doktor Muda itu.

“Madrasah Muslimat itu merupakan Program Sinergis antara Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama & Pimpinan Anak Cabang  (PAC) Muslimat Lempuing Jaya Melalui Lembaga Bahtsul Masa’il (LBM) dan Lembaga Dakwah (LD) NU dalam menjawab tentang problematika sosial keagamaan jamaah Muslimat ala ahlusunnah waljamaah Annahdliyah khususnya dibidang hukum dan atau amaliah ibadah sehari-sehari bagi Ibu-ibu Muslimat. Bisa juga disebut dengan Media Belajar berjamaah atau Ngaji Praktis Ibu-Ibu Muslimat” Ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, antusias jamaah dalam ikut serta diskusi sangat efektif, hal ini dapat dilihat ketika Ketua LBM MWC NU, Ky. Romadhon, S.Pd menjelaskan secara sistematis dan lugas tentang jawaban dari beberapa pertanyaan Ibu-Ibu Muslimat yang seminggu sebelumnya sudah dikirim melalui Whatsup dan telah didiskusikan dengan Tim Bahtsul Masa’il MWC NU, ” Ini soalnya sudah di jawab dan diketik semua ya bu’, saya akan sampaikan dengan praktik juga, apalagi ada soal tentang masalah memakai mukenah” Ucap Ketua LBM MWC NU itu.

Hal ini ditambahkan juga oleh ketua LD MWC NU Lempuing Jaya, dengan gaya khasnya beliau jawab dengan gaya humor jawa “Pas awan, weteng ngeleh, pembahasanya masalah makanan, cocok iki” Ucapnya, hal itu di sambut banyak tawa oleh jamaah yang hadir. Selain itu beliau juga mengajak kepada seluruh jamaah untuk membaca fatihah setelah  diskusi atas jawaban yang sudah final.

Setelah berakhir, Ky Jamiludin, selaku pemimpin diskusi memberikan closing statemen bahwa ” Madrasah muslimat ini merupakan satu-satunya program yang unik  di Sumsel, maka kegiatab triwulan ini akan lebih maju” Ucap alumni PKPNU itu.

Selain itu, Ma’arif NU juga menyediakan hadiah buat Ibu-ibu muslimat bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pemateri dan Shohibul Bait, yakni Ky Anwar.

Dan Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan tentu terdapat beberapa evaluasi untk kemajuan program tersebut, salah satunya bab waktu, ” Saya sangat suka program ini, cuma sayang waktunya masih kurang” Ucap salah satu peserta.

Tentu Madrasah Muslimat menjadi wasilah sekaligus media sosialisasi hasil- hasil  bahstul masa’il yang sudah sohih bagi jamaah yang masih banyak belum begitu memahami tentang hukum dan solusi tentang problematika sosial keagamaan. (Al)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Sungkem Gurunya Gus Atho

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi disele-sela mengikuti rapat bersama KH …

One comment

  1. Alhamdulillah, hamba yg doif semoga bisa menimba ilmu dan mengamalkan ny di lingkingan yg awam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *