PWNU Gelar Shalat Hajat dan Do'a Tolak Balak

PWNU Gelar Shalat Hajat dan Do’a Tolak Balak

NU Sumsel Online– Ditengah kondisi wabah pandemi Covid-19 yang seakan tak ada ujungnya yang sedang melanda seantero negeri, KH Amiruddin Nahrawi, M.Pd.I. selaku Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan mengajak seluruh Lembaga dan Banom melakukan Istighosah bersama dan menunaikan sholat sunah hajat.

Cak Amir menyampaikan bahwa setiap tahun Allah SWT menurunkan sebanyak 320.000 macam bala’ pada hari Rabu akhir bulan Safar yang disebut dengan Rebo Wekasan.

“Mudah-mudahan dengan kita beristighosah bersama dijauhkan dari bala’ dan minta ampun kepada Allah SWT agar supaya Covid-19 hengkang dari Indonesia, khususnya Sumatera Selatan”. Disampaikan melalui kanal Youtube NUSumsel Online, Rabu (14/10)

Apa itu Rebo Wekasan?
Dikutip dari tribunnewa.com, Rebo Wekasan atau Rebo Pemungkas adalah ritual masyarakat jawa pada hari rabu terakhir bulan Safar dimana sejumlah masyarakat percaya di waktu itu akan turun bencana dan sumber penyakit sehingga harus melaksanakan ritual tolak balak, sebagaimana dijelaskan dalam buku Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah, Subaidi, Unisnu Pers 2019.

Istighosah dan Sholat Sunnah hajat dilaksanakan selepas sholat Maghrib di Aula Kantor PWNU Sumsel secara berjamaah, yang diimami langsung oleh KH Mardi Abdullah (Rois Syuriah PWNU Sumsel) sekaligus memimpin doa bersama.

Agenda ini semakin khidmat dengan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh KH Sururi serta kumandang sholawat An-Nahdliyah dari 11 personil Tim Qosidah PonPes Tijarotal Lantabur sebagai suguhan rohani. Adapun suguhan jasmaninya, jamaah yang hadir disuguhkan dengan santapan sate Madura yang ditemani dengan kuah soto.

Agenda ini juga turut diramaikan oleh 13 kader muda NU calon mahasiswa S1 dan S2 penerima beasiswa dari Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan – Badan Otonom Nahdlatul Ulama. (Urta)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Sungkem Gurunya Gus Atho

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi disele-sela mengikuti rapat bersama KH …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *