Gus Yahya Berprestasi di Dunia Internasional

NU Sumsel Online – Muktamar NU ke-34 di Lampung mulai terasa gaungnya hingga kini. Ada dua tokoh NU kaliber dunia yang kini hganta diicarakan, baik oleh warga NAhdliyyin maupun non-nahdliyyin. Kedua tokoh ini adalah Prof. Dr. KH. Aqil Siraj, M.A dan KH Yahya Cholil Staquf. Selain Kyai Said, Yahya Cholil Staquf merupakan Tokoh yang telah cukup lama berkecimpung di Nahdlatul Ulama. Kini jabatannya adalah Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Yahya Cholil Staquf lahir di Rembang, Jawa Timur, Indonesia, 16 Februari 1966. Sebagaimana dikutif dari kabartangsel.com, KH. Yahya Cholil Staquf merupakan putra dari tokoh Nahdalatul Ulama (NU) di Rembang dan salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH. Muhammad Cholil Bisri dan istrinya, Muchisnah.

Tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU) dan budayawan, KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus adalah paman dari KH. Yahya Cholil Staquf.

Yahya Cholil Staquf adalah anak pertama dari delapan saudara dan salah satu adiknya, Gus Yaqut Cholill Qoumas adalah tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU), politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan ketua Gerakan Pemuda (GP) Anshor.

Yahya Cholil Staquf dididik dalam pendidikan yang formal dan spiritual atau pesantrenan dan pernah menjadi murud KH. Ali Maksum di Madrasah Al-Munawwir Krapyak di Yogyakarta, Indonesia. KH. Yahya Cholil Staquf juga menamatkan pendidikannya di fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada. Sebagai putra kyai besar, KH. Yahya Cholil Staquf pun pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin, Rembang Jawa Tengah.

Nama KH. Yahya Cholil Staquf mulai melejit ketika menjadi juru bicara Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bahkan, semakin dikenal ketika terpilih sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 2018, untuk menggantikan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang wafat pada 2017, KH. Hasyim Muzadi.

Selain dikenal sebagai tokoh organisasi keagaaman, KH. Yahya Cholil Staquf adalah pegiat ikhwal “rahmah” untuk penyelsaian konflik kemanuisaan dunia. Selain itu, KH. Yahya Cholil Staquf juga pernah dipercaya sebagai tenaga ahli perumus kebijakan pada “Dewan Eksekutif Agama Agama di Amerika Serikat – Indonesia” yang didirikan berdasarkan perjanjian bilateral yang ditandatangani oleh Presiden Obama dan Presiden Jokowi pada Oktober 2015, dalam rangka “menjalin kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Yahya Cholil Staquf pernah mengundang atensi publik ketika menghadiri undrangan acara dari American Jewish Committee (AJC) dan berpidato tentang resolusi konflik keagamaan disana.

Yahya Cholil Staquf terlibat secara pemikiran dalam penyusunan naskah deklarasi ISOMIL Nahdlatul Ulama (2016); deklarasi forum persatuan global (2016); deklarasi Ansor gerakan pemuda pada kemanusiaan Islam (2017); dan yang terakhir Manifesto Nusantara (2018).

Banyak kalangan memandang, bahwa kiprah KH. Yahya Cholil Staquf di dunia internasional sebagai upaya melanjutkan apa yang sering dilakukan oleh Gus Dur dengan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh atau acara komunitas Yahudi untuk perdamaian Israel-Palestina.

Yahya Cholil Staquf juga merupakan utusan GP Anshor dan PKB untuk jaringan politik tersebar di Eropa dan Dunia, Centrist Democrat International (CD) dan European People’s Party (EPP).

Ketokohan, kiprah internasional, dan pengabdian KH Yahya yang total pada Nahdlatul Ulama selama ini layak digadang-gadang untuk maju dalam suksesi kepemimpinan di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Bulan Desember 2021 di Lampung akan menjadi ajang pertaruhan ketokohan KH Yahya di dalam memimpin NU di masa depan. Tidak saja menjadikan NU semakin menemukan kiprahnya dalam konteks Kebangsaan, tetapi membawa NU semakin berkiprah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh dunia internasional. (Ril)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir: Gus Yahya Tak Ada Kendala, Sebentar Lagi Menjadi Ketum PBNU

NU Sumsel Online – menjelang Muktamar PBNU yang akan digelar pada 17 Desember, Caketum PBNU …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *