Cak Amir Ziarah ke Makam Sultan Mahmud Badaruddin II Ternate

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH. Amiruddin Nahrawi disela kunjungannya ke Provinsi Maluku Utara menyempatkan untuk ziarah ke Makam Sultan Mahmud Badaruddin II sang Sultan bernama asli Raden Hasan Pangeran Ratu itu berada tepat di lokasi pekuburan Islam, Kelurahan Makassar Barat, Ternate Tengah (20/10).

Dilansir dari laman kumparan.com Sultan beberapa kali terlibat pertempuran dengan Inggris dan Belanda, Mahmud Badaruddin II, sultan Palembang Darussalam ketujuh itu, akhirnya ditangkap dan diasingkan ke Ternate. Bersama keluarga beserta pengikutnya, ia kemudian hidup selama 30 tahun di Ternate.

Area makam itu cukup besar. Tampak sebuah bangunan berdiri gagah. Di dalam bangunan itu, ada tiga kuburan yang berdekatan. Jasad sang sultan berada di tengah. Di sisi kanannya adalah kuburan istrinya, Ratu Ulu Nyimas Zubaidah binti Kemas Haji Muhammad Alim, sementara di sisi kirinya adalah guru agama sultan, Al-Habib Umar bin Muhammad Assagaf.

Sekitar area itu, terdapat puluhan kuburan berderet rapi yang diyakini adalah kuburan keluarga dan pasukan setianya yang kala itu ikut diasingkan ke Ternate. Ruhaya, seorang perempuan paruh baya yang menjaga area makam tersebut, kepada cermat membenarkan, bahwa kuburan-kuburan itu adalah kuburan dari pengikutnya. (Al)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Sungkem Gurunya Gus Atho

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi disele-sela mengikuti rapat bersama KH …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *