Cak Amir Stafsus Gubernur Sumsel Jelaskan Hikmah Melakukan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan

NU Sumsel Online – Bulan suci Ramadhan biasanya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk meningkatkan ketakwaan dengan berbagai ibadah dan amalan baik. Banyak diantara kita berlomba-lomba untuk menambah pahala, salah satunya dengan melakukan tadarus Al Quran.

Kegiatan ibadah ini fokus pada membaca dan memahami isi dari kitab suci Alquran yang biasa dilakukan di masjid setelah salat tarawih. Meski sebenarnya, ibadah ini juga bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikutip dari buku Pernik-pernik Ramadhan karya Abidin (2002;135).

Hikmah Tadarus Al Quran

Meningkatkan ketakwaan dan menambah pahala dengan tadarus Alquran ternyata dapat memberikan banyak hikmah bagi kita semua. Adapun hikmah tersebut diantaranya sebagai beirkut

1. Pahala berlipat

Pahala akan berlipat ganda ketika kita melakukan segala macam ibadah dan amalan baik di bulan Ramadhan. Salah satunya yaitu ketika melakukan tadarus, karena Allah akan melipatgandakan pahala tersebut dengan sepuluh kebajikan di masing-masing huruf yang kita baca.

2. Mendalami isi Alquran

Tadarus bukan hanya sekedar membaca Alquran, tetapi juga memaknai isinya. Sehingga ketika melakukan amalan ini, pahala akan meningkat, bacaan jadi lebih lancar, serta paham akan setiap ayat yang kita baca. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan Alquran yang sudah disertai dengan terjemahan.

3. Menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat

Dianjurkan bagi kita semua untuk melakukan amalan-amalan yang bermanfaat selama di bulan Ramadhan. Dengan melakukan tadarus, maka kita bisa menghindari aktivitas yang sekiranya sia-sia atau tidak bermanfaat. Seperti halnya tidur yang terlalu lama, menunda-nunda waktu salat, ataupun berdiam diri menunggu adzan berbuka.

4. Sebagai penolong umat muslim

Salah satu hikmah membaca Alquran adalah mampu menjadi penolong para umat muslim ketika hari akhir, seperti hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim.

5. Membuat kita lebih tenang

Ketika kita lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, maka hati akan menjadi lebih tenang.

Menjalankan tadarus Alquran tentu saja bisa lebih mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Sehingga tanamkan niat dalam diri Anda untuk secara rutin menjalankan tadarus di bulan Ramadan. (Sumber: kumparan)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Etos Kerja Menurut Islam

NU Sumsel Online – Dalam Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *