KH. Amiruddin Nahrawi

Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Manfaat Wirausaha

Wirausaha adalah bidang yang banyak peminatnya saat ini. Oleh karena itu menjadi seorang wirausahawan adalah keinginan dari kebanyakan orang tanpa mengenal usia. Hal ini bisa dilihat dari mulai banyaknya usaha yang dimiliki atau dipimpin oleh seorang wirausahawan muda. Terutama pada situasi kehidupan seperti saat ini, pilihan untuk berwirausaha bisa jadi peluang positif.

Wirausaha sendiri memiliki banyak jenis ya seperti usaha bidang kuliner, fashion & beauty, bidang jasa dan lain sebagainya.

Ketika membuat keputusan untuk menjadi seorang wirausaha, tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya. Namun apabila kamu merasa mampu menjadi seorang wirausaha, maka tak ada salahnya kamu mencoba membuka usaha kecil yang menjanjikan. Hal penting yang juga perlu kamu ketahui yaitu apabila kamu bisa menjadi seorang wirausahawan muda maka banyak sekali hal bermanfaat yang kamu peroleh.

Memaksimalkan potensi dan bakat diri

Ketika kamu hendak memulai usaha, sebagian besar orang yang sukses menjalankan usahanya yaitu mereka yang menentukan jenis bisnis berdasarkan minat dan bakat pribadi. Dengan menjalankan usaha dalam bidang yang kamu suka tentu kamu akan menikmati pengelolaan usaha tersebut.

Melatih jiwa kepemimpinan

Menjadi seorang wirausahawan berarti kamu adalah pimpinan untuk usaha milik sendiri. Nah, selama kamu memimpin usaha ini, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari sisi kamu ke karyawan maupun sisi karyawan terhadap kamu. Oleh karena itu dengan memulai wirausaha usaha kecil, kamu akan mampu maju memimpin usaha yang lebih besar kedepannya.

Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain

Banyak banget hal positif yang kamu ciptakan ketika kamu membuka wirausaha. Salah satunya adalah memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan. Ketika usaha kecil kamu mulai merambah konsumen yang lebih luas, tentu kamu membutuhkan sumber daya manusia. Biasanya bisa untuk promosi hingga distribusi ke konsumen. Dengan itu, usaha kecil yang menguntungkan bukan hanya untuk kamu saja tetapi juga bagi orang lain.

Memiliki relasi yang semakin luas

Dengan menjadi seorang pengusaha, kamu akan mendapatkan relasi yang semakin luas serta menjadi motivator walau tidak secara langsung. Banyak sekali pengusaha memiliki link di berbagai daerah, sehingga mereka tidak perlu risau ketika harus berkunjung ke suatu daerah.

Kemampuan management waktu yang baik

Selain menjadi pemimpin yang baik dalam usaha, kemampuan mengatur waktu juga menjadi manfaat nih Jaknoters! Ketika kamu menjadi pemilik dari suatu usaha bidang apapun itu, pengaturan waktu mulai dari produksi hingga sampai ke konsumen penting banget.

Mampu bekerja secara multitasking

Sudah biasa jika akhir-akhir ini banyak wirausahawan yang membuka usaha kecil sambil tetap menjalankan pekerjaan lainnya. Disinilah manfaatnya, kamu bisa jadi orang yang multitasking dan tentunya mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber positif.

Memperluas wawasan

Apabila kamu menjadi wirausaha, secara tidak langsung kamu akan mempelajari banyak hal. Mulai dari bagaimana cara marketing, manajemen keuangan, memimpin karyawan hingga melayani pelanggan. Otomatis wawasan kamu seputar bisnis bertambah banyak.

Memperoleh keterampilan baru

Sama halnya seperti wawasan yang akan bertambah, dengan menjadi wirausaha kamu akan memperoleh banyak keterampilan baru. Apalagi jika kamu mulai turun langsung dalam mengelola bisnis mulai dari produksi hingga konsumen. Semakin banyak hal yang kamu jalankan akan banyak keterampilan baru yang belum kamu dapatkan sebelumnya.

Mengetahui banyak jenis perilaku konsumen

Bukan hanya semata-mata mencari keuntungan, membuka sebuah usaha kecil maupun besar tentu bertujuan utama untuk kenyamanan konsumen. Ketika kamu berkeinginan membuka usaha, kamu perlu belajar tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen ini penting banget bagi wirausaha untuk mengawasi pasar/target konsumen.

Usaha dapat diwariskan

Keuntungan lain yang tidak kalah penting yaitu usaha yang bisa di wariskan. Tidak sedikit usaha-usaha sukses yang saat ini sudah dijalankan turun temurun hingga ke anak cucu. Maka penting sekali untuk menurunkan ilmu berbisnis kamu ke mereka.

Meskipun hanya membuka usaha kecil-kecilan, pastinya juga penting menjaga setiap detail pengelolaan bisnis seperti bukti pesanan ataupun pengemasan. Di masa pandemi ini lebih baik kamu mencetak label ataupun struk belanja konsumen dengan printer pribadi.

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir: Gus Yahya Tak Ada Kendala, Sebentar Lagi Menjadi Ketum PBNU

NU Sumsel Online – menjelang Muktamar PBNU yang akan digelar pada 17 Desember, Caketum PBNU …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *