Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan 8 Motivasi Agar Usaha Sukses

Berniat untuk memulai usaha sendiri, tentu begitu bersemangat untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hal ini wajar, terutama jika ini akan menjadi bisnis yang pertama. Bisnis tidak selalu mudah untuk dibangun, bahkan sangat diperlukan ragam rencana agar usaha bisa berjalan.

Untuk itu, susunlah rencana dengan matang sejak awal, mengingat di kemudian hari akan menemukan banyak tantangan di dalam usaha atau bisnis tersebut. Tantangan ini tentunya bisa saja dilewati asalkan adanya motivasi kuat yang akan membuatmu berani, cepat dan tepat dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi, sehingga usaha berjalan sesuai dengan harapan.

Berikut terdapat delapan motivasi yang harus dimiliki pengusaha agar usaha bisa sukses di masa mendatang, antara lain:

1. Kerja Keras
Kesuksesan berbisnis tidak bisa didapatkan secara instan apalagi hanya sehari semalam saja. Justru Anda harus bekerja keras mengerahkan seluruh kemampuan tenaga serta ilmu berbisnis untuk menjalankan usahanya. Dengan kerja keras pastinya akan lebih mudah menghadapi berbagai tantangan, sehingga mudah meraih kesuksesan. Apapun bisnis yang ditekuni, kerja keras harus menjadi poin wajib yang harus diterapkan di dalamnya.

2. Kembangkan Ide
Modal awal dalam memulai bisnis tentu saja adanya ide, di mana ide ini akan menjadi pondasi dalam membangun usaha. Namun ide ini tidak bisa hanya itu-itu saja, sebab Anda juga perlu mengembangkan dan menyesuaikannya dengan tren pasar usaha yang digeluti. Ide ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan usaha.

3. Fokus
Bisnis harus direncanakan dan memiliki tujuan yang jelas sejak awal. Maka Anda harus bisa fokus pada tujuan ini dan mengabaikan berbagai hal buruk lainnya yang hanya membuat rencana atau strategi mencapai tujuan jadi gagal. Teruslah ingat pada tujuan, sehingga bisa melawan keburukan yang mencoba menghalangi kesuksesan.

4. Optimis
Berbagai hal yang dihadapi dalam menjalankan usaha kerap terlihat sulit, terutama bagi pengusaha pemula yang sama sekali belum ada pengalaman. Namun bila selalu berpikir positif salah satunya dengan menanamkan optimis dalam diri tentu akan bisa menghadapinya dengan baik dan usaha Anda akan sukses.

5. Selalu Berpikir Terbuka
Dalam menjalankan sebuah usaha pastinya akan ada banyak perubahan dan juga kondisi yang akan dihadapi. Bahkan bisa saja beberapa di antaranya mungkin saja berada di luar perkiraan. Jangan kaget, pastikan Anda selalu berpikir terbuka dan siap untuk menghadapi berbagai perubahan dan tantangan ini, sehingga bisa menyelesaikan semuanya dengan baik.

6. Tekun dan Berdoa
Rencana bisnis bisa saja berjalan dengan lambat atau bahkan tidak berkembang sama sekali kalau Anda hanya menunggu waktu. Namun bagi yang ingin cepat raih sukses, tentunya harus tetap tekun dalam menjalankan usahanya. Selain itu, jangan lupa iringi ketekunan dengan rajin berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar lebih dimudahkan lagi dalam menggapai impian sukses.

7. Profesional
Sikap profesional tidak hanya berlaku dalam kehidupan di perkantoran saja, tapi juga di dalam dunia usaha atau bisnis meski hanya menjalankan dalam skala yang kecil sekalipun. Sikap profesional seperti ini akan membantu Anda tetap fokus pada rencana yang harus dilakukan untuk memajukan usaha. Bukan hanya itu saja, sikap profesional ini juga akan membuat Anda tegas dan cepat dalam memperbaiki kesalahan dalam menjalankan rencana.

8. Dukungan Lingkungan Orang Sekitar
Usaha tidak akan berjalan dengan mulus sesuai dengan rencana yang telah disusun sejak awal. Anda bisa saja mengalami proses pasang surut dalam membangun usaha. Apalagi jika menghadapi berbagai tantangan begitu berat yang bisa saja menyerah di tengah jalan. Namun bila memiliki dukungan dari lingkungan orang-orang terdekat terutama orang tua atau kerluarga ini yang memberikan banyak masukan positif, maka apapun jenis masalah dan tantangan tentu akan lebih mudah dilalui. (Sumber: Cermati.com)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Syahwat Politik Jelang Muktamar NU ke 34

NU Sumsel Online -Muktamar NU di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, masih akan berlangsung bulan Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *