Cak Amir Memberikan Ceramah Pernikahan

NU Sumsel Online – KH. Amiruddin Nahrawi memberikan ceramah singkat dalam pernikahan Devi Wulandari, SE dan M. Riski Aidil Febriansyah, SH yang beralamat dikediaman mempelai wanita jalan Patra III No. 5 Sako Palembang (23/7).

Dalam ceramah singkatnya Cak Amir sapaan akrab KH. Amiruddin Nahrawi menjelaskan Allah berfirman: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-nya. Dan allah maha luas lagi maha mengetahui (QS. An-Nur ayat 32).


Rasulullah juga bersabda: “Wahai kawula muda, barang siapa di antara kalian telah sanggup menikah, hendaknya ia menikah. Dan barang siapa belum sanggup, sebaiknya ia berpuasa, sebab puasa dapat menjadi benteng pelindung syahwat baginya.”

Allah dan Rasulullah memerintahkan para umatnya yang telah siap dan mampu untuk menunaikan ibadah pernikahan. Menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar ra, seruan untuk menikah tersebut memang ditujukan untuk kawula muda yang umumnya memiliki hasrat kuat untuk menikah.

Menikah juga termasuk sunah para nabi dan rasul. Allah berfirman, “Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar-Ra’d ayat 38).

Dari ayat tersebut, kita perlu instropeksi diri bahwa sudah selayaknya umat muslim yang masih lajang untuk segera menikah. Hal ini sesuai dengan sunah para nabi dan rasul yang perlu kita teladani segala kebaikannya.

Oleh karena itu, saudara-saudaraku sekalian, bergegaslah kamu menikah untuk menyucikan dirimu dan menjaga saudari muslimahmu yang suci. Dengan begitu, maka kamu akan terhindar dari fitnah yang dapat menyakitkanmu. Wallahua’lam bissawab. (Rl)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Sungkem Gurunya Gus Atho

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi disele-sela mengikuti rapat bersama KH …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *