Cak Amir Ketua PBNU Jelaskan Keutamaan Bulan Ramadhan

NU Sumsel Online – Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah saat diturunkannya Alquranul Karim.

Bulan suci bagi umat islam ini merupakan bagian dari Rukun Islam karna umat islam diwajibkan berpuasa. Di bulan ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah dan memohon ampun atas perbuatan dosa kepada Allah S.W.T karna selain Allah S.W.T Maha Pengampun, Bulan Ramadhan juga merupakan Bulan yang penuh pengampunan.

Seperti riwayat hadits ““Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR.Bukhari dan Muslim)

Terlebih jika diiringi dengan Taubat Nasuha.

Keistimewaan lain di bulan Ramadhan adalah memberikan berkah bagi semua umat muslim, sesuai hadits Rasulullah S.A.W

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi)

Terutama berkah yang didapat pedagang dan fakir miskin, sebab seorang muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah. Bahkan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk fakir miskin. Dan semua amal ibadah berlipat ganda. Di bulan inilah pula terbukanya pintu-pintu Syurga dan tertutup pintu Neraka serta dibelenggunya syetan

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadhan lebih mustajabah. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Selain itu juga dipertegas dalam hadis lain. Rasulullah SAW, bersabda yang artinya : “Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. at Tirmidzi).

Keutamaan lain adalah berpuasa Ramadhan bernilai 10 bulan, bahkan bisa menjadi 1 tahun. Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan hadist Rasulullah SAW, yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun.” (HR. Muslim)

Selain itu, juga ditegaskan dalam hadis Nabi yang lain. Imam Ahmad meriwayatkan, Nabi SAW bersabda:

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun.” (HR. Ahmad).

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

NU Sumsel Online – Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, berupa kalam Allah SWT yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *