GP Ansor Palembang Masif Gelar Kaderisasi

NU Sumsel Online – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kota Palembang melalui Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Serbaguna (Banser) Kota Palembang menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser Angkatan Ke IV di Pondok Pesantren Aulia Cendikia Talang Jambe, Kecamatan Sukarame, Palembang, Sumsel, Sabtu (18/12/21).

Diklat tersebut mengusung tema “ Banser Mandiri, Tangguh dan Berprestasi” yang dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari yang di mulai tanggal 18 Desember dan berakhir pada 20 Desember 2021 mendatang.

Ketua PC GP Ansor Kota Palembang Momon Wahyudi mengatakan diklat ini merupakan program kerja dari GP Ansor Kota Palembang dalam hal kaderisasi. “Kaderisasi ini sifatnya wajib dilakukan di GP Ansor,”Kata Momon usai membuka DTD Banser Angkatan Ke IV, pada Sabtu (18/12).

“Sebetulnya, diklat ini wajib dilakukan mininal 1 kali dalam satu tahun cuman untuk tahun 2021 ini kita melaksanakan dua kali. Ini yang kedua di tahun ini”ungkapnya.

Disampaikannya, tujuan diadakannya diklat ini supaya Banser yang ada di Kota Palembang ini semakin masif. “Karena kita butuh kader-kader baru yang bergabung di Ansor Banser untuk ke depannya bisa sama-sama menjaga kiyai yang ada di Kota Palembang dan juga bisa bersinergis dengan pemerintah dalam mejaga kedaulatan NKRI”ujarnya.

“Untuk diklat kali ini jumlah peserta kita batasi sebanyak 100 peserta dan Alhamdulilah terpenuhi. Untuk saat ini total anggota Banser Kota Palembang lebih kurang 500 orang dari angkatan 1 hingga angkatan ke 4,”tuturnya.

Ditambahkannya pula, nafasnya organisasi ansor ini tidak terlepas dari Pondok Pesantren dan kita selalu melekat dengan para kiyai yang ada di Kota Palembang. Hal inilah makanya kegiatan diklat ini kita adakan di sini (Ponpes Aulia Cendikia).

“Insya Allah untuk diklat selanjutnya akan kita lakukan pula di Pondok Pesentren lainya yang ada di Kota Palembang khsusnya Ponpes yang pimpinannya dari Nahdlatul Ulama,”sambungnya.

Momon juga berencana ke depan setelah 4 kali melaksanakan diklatsar, Insya Allah Banser Kota Palembang akan melaksanakan Khusus Banser Lanjutan (Khusbalan). Karena sudah memenuhi syarat.

“Setelah dilaksanakanya diklat ini akan terciptanya Banser yang betul betul militan dan loyaritas terhadap organisasi. Jadilah peserta militan dan memahami makna banser dan tujuan mengabdi di Nahdlatul Ulama,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWNU Sumsel melalui Sekretaris PWNU Sumsel, M Syueb mengatakan kami sangat suport kegiatan ini. “Yang jelas, Ketua PWNU Sumsel, Cak Amin sangat mensuport dan memberikan apresiasi kepada PC GP Ansor Kota Palembang dalam pelaksanaan DTD IV ini,”ungkapnya.

Perlu dikehaui bahwa di PWNU terdiri atas 16 Banom dan 18 lembaga dan apa pun yang dilakukan oleh tiap lembaga harus selalu berkoordinasi dengan PWNU sebagai pengurus induk dari banom dan lembaga yang ada di Sumsel ini.

“Saya berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti DTD IV ini bahwa menjadi anggota Ansor maupun Banser bukan untuk gagah – gagah tetapi untuk selalu taat dan mematuhi perintah kiyai,”harapnya.

Ia menyampaikan pesan ketua PW NU Sumsel, KH Amiruddin Nahrawi, katanya GP Ansor-Banser diminta untuk selalu taat pada kyai. Dan selalu bersinergi dengan pemerintah setempat.

“Tetaplah selalu menjaga sinergi dangan baik kepada pemerintah, dimana kalian berada,” pungkas Syueb.

Ditempat yang sama Pimpinan Ponpes Aulia Cendikia Palembang, KH Hendra Zainuddin, menyampaikan doa semoga para peserta yang hadir dapat keberkahan semua.

“Kami bersyukur karena kegiatan ini di Ponpes Cendekia, sehingga para pengajar kami bisa ikut kami jadikan Ansor dan Banser semua, wajib,” tuturnya.

Dia mengatakan, di Ponpes Aulia Cendikia ini apa pun kegiatan untuk NU pihaknya siap membantu. Dan akan berikan seluas-luasnya waktu, tempat dan kesempatan.

“Aulia Cendikia adalah Ponpes NU, tidak diragukan lagi. Pun apa bila ada pengajar yang terindikasi bukan NU kami keluarkan,” tegasnya.

Hadir dalam DTD ini jajaran pengurus PW GP Ansor Sumsel, jajaran pengurus PC GP Ansor Palembang, Satkorwil Banser Provinsi Sumsel, Satkorcab Banser Kota Palembang, Kasat Samapta Polrestabes Palembang, Staf Ahli Walikota Palembang bidang Ekonomi, Danramil Sukareme, Camat Sukarame, Lurah, Pewakilan pengurus KNPI Banyuasin, Kopri PMII Palembang dan juga para Pengurus Pemuda Pancasila (PP) Kota Palembang. (Rl)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Komisaris Baru PT Pusri Bersama Dirut Berikan Arahan Etos Kerja dan Keagamaan Kepada Karyawan

NU Sumsel Online – Pasca dilantiknya sebagai Dewan Komisaris PT Pusri Palembang, KH Amiruddin Nahrawi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *