Cak Amir Ziarah ke Makam KH Wahab Chasbullah

NU Sumsel Online – Ketua PBNU KH Amiruddin Nahrawi melakukan ziarah ke makam KH. Wahab Chasbullah, Makamnya Kyai Haji Wahab Hasbullah No.80, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (16/2/22).

Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah (lahir di Jombang, 31 Maret 1888 – meninggal 29 Desember 1971 pada umur 83 tahun) adalah seorang ulama inspirator, pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama. KH Abdul Wahab Hasbullah memiliki rpandangan modern, dakwahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 November 2014.

Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah juga pencipta syair “Ya Lal Wathon” yang banyak dinyanyikan dikalangan Nahdliyyin, lagu Ya Lal Wathon di karangnya pada tahun 1934. KH Maimun Zubair mengatakan bahwa syair tersebut adalah syair yang beliau dengar, peroleh, dan di nyanyikan saat masa mudanya di Rembang. Dahulu syair Ya Lal Wathon ini dilantangkan setiap hendak memulai kegiatan belajar oleh para santri.

Dari catatan sejarah berdirinya GP Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh dan pembinaan kader. KH. Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH. Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam. Dua tahun setelah perpecahan itu, pada 1924 para pemuda yang mendukung KH. Abdul wshab hasbulloh yang kemudian menjadi pendiri NU membentuk wadah dengan nama Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air).


Cak Amir sapaan akrab KH Amiruddin Nahrawi mengatakan suatu kebanggan bagi saya bisa melakukan ziarah yang bertepatan Harlah NU ke 99 menurut perhitungan Hijriah.

“Alhamdulillah saya berkesempatan melakukan ziarah kemakam Wali nya Allah SWT, KH Wahab Chasbullah merupakan inisiator, pendiri, penggerak Nahdlatul Ulama. (Al)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Kagum Dengan Kerendahan Hati Dirut PT Pusri Palembang

NU Sumsel Online – Setelah dilantikanya KH Amiruddin Nahrawi sebagai Komisaris PT Pusri Palembang pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *