Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Manfaat Sholat Hajat

NU Sumsel Online – Manfaat salat hajat bisa dikerjakan ketika memiliki keinginan atau hajat tertentu. Salat hajat termasuk salat sunah dengan keutamaan yang mulia. Manfaat salat hajat akan membantu menenangkan hati dan pikiran sebelum memulai hajat.

Salat hajat dilakukan untuk tujuan penyelesaian hajat atau keperluan tertentu. Melakukan salat hajat adalah salah satu cara untuk memohon kepada Allah SWT untuk dilancarkan hajatnya.

Manfaat salat hajat bisa membantu mendekatkan diri pada Allah SWT. Melalui manfaat salat hajat pula, hajat yang akan dilakukan akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Manfaat salat hajat bisa menjadi jalan saat menghadapi kesulitan.

Berikut manfaat salat hajat, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (10/1/2022).

Dalam hadis dijelaskan mengenai salat hajat, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘allaihi wasallam pun mengajarkan bahwa kita senantiasa untuk meminta kepada Allah SWT melalui sholat. Terutama, bila sedang dalam kondisi memilliki hajat.

Sementara itu, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya Fiqih Empat Mazhab menulis, “ Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

Manfaat salat hajat bisa membantu melindungi dari kesulitan dan marabahaya. Seorang muslim yang tengah mendapat kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mengerjakan salat hajat. Seorang muslim tersebut juga dianjurkan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT usai salat hajat. Lantaran, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

Mudahkan terkabulnya doa

Salah satu manfaat salat hajat adalah mempermudah terkabulnya sebuah doa. Salat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang khusus untuk meminta agar keinginannya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Umat Islam yang memiliki keinginan ataupun kepentingan dianjurkan mengerjakan sholat hajat.

Memperoleh pahala dari Allah SWT

Manfaat salat hajat selanjutnya adalah mendapat pahala dari Allah SWT. Salat sunnah merupakan bentuk ibadah yang menjanjikan banyak pahala. Seperti halnya salat sunah lainnya, salat hajat memang tidak dianggap wajib tetapi dianggap memberi manfaat tambahan bagi orang yang melakukannya.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Melakukan salat hajat menjadi bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Ketika memiliki masalah atau hajat yang besar, berserah diri pada Allah SWT menjadi ikhtiar terakhir yang bisa dilakukan. Melalui salat hajat, hamba yang sedang dalam kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT.

Mendapatkan perasaan yang tenang

Salat hajat menimbulkan perasaan tenang pada hati dan pikiran. Perasaan tenang ini bisa membuat seseorang mampu membawa dirinya. Dari hati yang tenang, masalah dan hajat dapat diselesaikan dengan mudah.

Menumbuhkan rasa ikhlas

Manfaat salat hajat juga bisa memberikan rasa ikhlas. Melalui salat hajat, seseorang bisa menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Ketika dalam keadaan kesusahan, maka manusia diajarkan untuk bersikap ikhlas dan lebih sabar. Salah satu menumbuhkan rasa ikhlas ini adalah dengan melakukan salat hajat.

Berserah diri pada Allah

Allah SWT Menyukai hambanya ketika ia kembali kepada-Nya dalam kepasrahan. Manusia bukan apa-apa tanpa Allah SWT. Dan semakin cepat manusia menyadari bahwa ia tidak dapat hidup tanpa bantuan-Nya, semakin mudah untuk meminta bantuan-Nya – tidak peduli berapa banyak dosa yang ditanggung.

Rasa tawakal yang lebih kuat

Dengan melakukan salat hajat, seseorang akan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang memberikan apa yang dibutuhkan. Manfaat salat hajat adalah doa yang menjadi wujud bahwa seorang hamba membutuhkan Allah SWT. Ini juga menunjukkan menyerahan diri kepada-Nya.

Motivasi untuk lebih giat

Manfaat salat hajat bisa membuat seseorang lebih rajin. Ini akan membuat seseorang termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia.

Dapat mengendalikan kebutuhan

Melalui salat hajat, seseorang jadi lebih tenang hatinya. Ini membuat orang tersebut bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Dengan melakukan salat hajat, maka seorang hamba akan belajar mensyukuri apa yang dimiliki. (Ril)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Etos Kerja Menurut Islam

NU Sumsel Online – Dalam Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *