Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Makna Sholat Fajar

NU Sumsel Online – Keutamaan sholat fajar sebagai amalan sunah sangat menakjubkan. Bila menunaikannya, setiap muslim maupun muslimat dapat memperoleh pahala tak terbatas, lebih baik dari dunia dan seisinya.

Bahkan, bisa mendapat cahaya di hari kiamat. Sholat fajar senantiasa ditunaikan Rasulullah SAW menjelang sholat fardu subuh.

Memahami keutamaan sholat fajar menjadi alasan kuat seorang hamba senantiasa istiqamah menunaikannya. Merujuk beberapa tafsir, keutamaan sholat fajar dapat membantu menyempurnakan ibadah sholat wajib seseorang.

Sholat qabliyah subuh ini biasa ditunaikan dua rakaat. Namun, tidak boleh terlalu lama.

Supaya keutamaan sholat fajar dapat lebih sempurna diperoleh, ada hal-hal baik yang bisa ditambahkan. Usai membaca Al-Fatihah dianjurkan untuk membaca surah Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Baqarah, dan Ali-Imran. Syeikh An Nawawi pun menganjurkan membaca bacaan zikir khusus dan doa.

Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan sholat fajar adalah kebaikannya yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan sholat fajar ini sudah banyak diketahui oleh kaum Muslimin. Lebih jelasnya, keutamaan sholat fajar ini sesuai dalam hadis dari ‘Aisyah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Dua rakaat fajar (sholat sunah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari sholat subuh yang termasuk dalam sholat fajar:

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada salat isya dan salat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sumber Cahaya saat Kiamat

Keutamaan sholat fajar adalah sumber cahaya saat hari kiamat tiba. Amalan sholat yang satu ini disebut dapat menolong setiap umat yang mengamalkannya di masa tersulit dalam hidupnya, saat hari akhir tiba.

Pertolongan berupa cahaya ini akan memudahkan seorang hamba melewati jembatan sirath. Alhasil akan mudah baginya menyeberangi meskipun di tempat itu gelap dan jembatan hanya sebesar satu helai rambut dibelah tujuh saja.

Balasan Rumah di Surga

Keutamaan sholat fajar adalah akan mendapat balasan berupa rumah di surga. Keutamaan sholat fajar ini dijelaskan dalam hadis yang disampaikan dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Seorang hamba yang muslim melakukan sholat sunah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan sholat-sholat tersebut.” (HR. Muslim). (Sumber: liputan6.com)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Manfaat Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

NU Sumsel Online – Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, berupa kalam Allah SWT yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *