Cak Amir Wakil Ketua Umum MUI Jelaskan Cara Menghormati Guru

Guru merupakan orangtua kedua murid yang harus dihormati di sekolah maupun tempat lain. Ini karena guru memegang peranan penting untuk mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik agar menjadi pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara.

Tanpa kehadiran guru, pendidikan tidak akan tercapai dan tidak akan ada generasi penerus bangsa. Karena itulah, kita harus terus menghormati guru di sekolah sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Lalu, bagaimana cara menghormati guru?

Memberi Salam

Saat ini, budaya memberi salam semakin luntur seiring dengan perkembangan zaman. Padahal, sikap memberi salam merupakan salah satu wujud kesopanan dalam menghargai seseorang.

Berita Lainnya :   Cak Amir Wakil Ketua Umum MUI Jelaskan Manfaat Hidup Bertetangga

Cara menghormatinya adalah memberi salam saat guru masuk untuk mengajar dan sesaat sebelum keluar kelas. Dengan begitu, guru akan merasa dihormati dan juga dihargai.

Mendengarkan Ajaran Guru

Ketika guru mengajar, dengarkanlah guru dengan seksama. Perhatikan ajaran guru, bila perlu catat materi yang disampaikan. Hindari melakukan hal lain seperti mengobrol, bermain atau tidur. Sebab, hal tersebut sama halnya dengan meremehkan guru.

Menaati Nasihat Guru

Layaknya orangtua di rumah, guru juga kerap memberikan nasihat untuk murid. Ini karena mereka ingin muridnya tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik. Karenanya, pastikan untuk mendengarkan semua nasihat guru dengan baik. Jangan membantah atau memotong perkataan guru ketika memberi nasihat.

Berita Lainnya :   Cak Amir Stafsus Gubernur Jelaskan Manfaat Membaca Sholawat Nabi

Mengerjakan Tugas dari Guru

Jika guru memberi tugas, murid harus menuntaskan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, guru akan merasa dihormati sebagai pengajar. Selain itu, guru pun akan lebih semangat membimbing murid karena merasa dihargai. (Sumber: kumparan.com)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Syahwat Politik Jelang Muktamar NU ke 34

NU Sumsel Online -Muktamar NU di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, masih akan berlangsung bulan Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *