Cak Amir Jelaskan Manfaat Membaca Sholawat Nabi

NU Online Sumsel – Sebagai seorang muslim, apakah kamu sudah mengetahui keutamaan dari sholawat nabi? Sholawat nabi sendiri merupakan salah satu ibadah yang disukai Allah SWT. Ibadah ini tergolong istimewa dikarenakan memiliki sejumlah keutamaan, sesuai sabda Nabi Muhammad yang tercantum di dalam sejumlah hadist.

Membaca sholawat nabi secara rutin sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Hal ini karena Allah menganjurkan hamba-Nya untuk bersholawat kepada Rasulullah, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya di dalam surat Al Ahzab berikut ini:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya:

“Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab:56).

Keutamaan Sholawat Nabi dalam Hadist

Berita Lainnya :   Cak Amir Wakil Ketua Umum MUI Sumsel Jelaskan Manfaat Membaca Sholawat Nabi

Berbagai riwayat hadist menyebutkan berbagai keutamaan sholawat nabi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

1. Mendapatkan pahala sepuluh kali lipat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan dalam hadist Muslim.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

2. Menghapus dosa dan diangkat derajatnya. Keutamaan ini disebutkan dalam hadist riwayat An-Nasa’i sebagai berikut.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkatan,” (HR. An Nasa’i)

3. Allah akan membalas sholawat berkali lipat dan terbebas dari api neraka. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad yang tercantum dalam kitab Lubbabul Hadist bab keempat Imam As Suyuthi.

Berita Lainnya :   Cak Amir Wakil Ketua Umum MUI Sumsel Jelaskan Manfaat Tolong Menolong Dalam Kebaikan dan Ketaqwaan

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ماِئَةً، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا ألْفًا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ ألْفًا لَمْ تَمسَّهُ النَّارُ

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang membaca shalawat atasku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali, siapa yang membaca shalawat atasku sepuluh kali, maka Allah akan bershalawat atasnya seratus kali, siapa yang bershalawat atasku seratus kali, Maka Allah akan bershalawat untuknya seribu kali, dan siapa yang shalawat atasku seribu kali, maka api neraka tidak akan menyentuhnya.” (Imam As Suyuthi). (Sumber: kumparan.com)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Syahwat Politik Jelang Muktamar NU ke 34

NU Sumsel Online -Muktamar NU di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, masih akan berlangsung bulan Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *