Takwa Kepada Allah Dengan Berbakti Kepada Orang Tua

Takwa kepada Allah tentang orang tua kita. Berbicara orang tua, antum perhatikan orang tua atau tidak? Banyak anak-anak yang dia tidak memperhatikan orang tuanya. Apakah dia remaja, dia pemuda, dia sudah punya istri, dia punya anak, dia tetap wajib berbuat baik kepada orang tuanya. Tidak ada alasan yang lain, tetap orang tuanya nomor satu.

Meskipun anaknya dia lima atau sepuluh, kita sebagai anak tetap wajib. Mestinya kita berlomba-lomba. Umpamanya ada orang tua kita yang punya anak lima atau sepuluh, jangan kita katakan: “Gantian kita berbuat baik,” tidak demikian, mestinya kita berfikir: “Saya punya orang tua, saya ingin berbuat baik terus sampai akhir hayat saya.” Meskipun ada saudara kita yang lain, bagaimana kita berlomba apa yang bisa kita lakukan untuk orang tua kita yang terbaik sampai dia menjelang meninggal dunia, apa yang bisa kita lakukan sampai dia wafat. Mestinya begitu.

Kadang-kadang tidak demikian. Ketika dia memiliki saudara lima misalnya, dia menganggap bahwa yang lain dulu yang berbuat baik. Bahkan ada yang berfikir: “Dulu saya, rumah sakit saya yang bayar, sekarang giliran yang lain.” Kita tidak boleh seperti itu kepada orang tua, tidak boleh hitungan kepada orang tua. Apa yang bisa kita lakukan buat orang tua, kita berbuat baik kepada orang tua. Berlomba-lomba untuk berbuat baik. Sebab banyak anak-anak yang tidak berbuat baik kepada orang tuanya dan mengandalkan saudaranya yang lain.

Berita Lainnya :   Cak Amir Mitra Dakwah Pegadaian Jelaskan Tentang Ikhalas

Kita seharusnya berlomba-lomba, kita ingin mencari pahala akhirat atau tidak? Kesempatan kita, orang tua adalah jalan kita menuju surga. Kapan lagi kita berbuat baik? Kalau sudah ngaji, antum harus bertakwa kepada Allah tentang orang tua. Apa yang bisa kita lakukan dari perbuatan baik, lakukan, jangan ditunda!

Antum bisa lihat nanti ayatnya dalam surat Al-Isra[17]: 23-24 tentang berbuat baik kepada orang tua, tidak boleh berkata “Ah”, tidak boleh berkata “Uff”, tidak boleh menengking, tidak boleh menghardik.

Jadi, berlomba-lomba. Antum ingat, untuk berbuat baik kepada orang tua jangan itungan, apa yang bisa kita lakukan, maka lakukan. Meskipun uang kita habis jutaan atau milyaran untuk berbuat baik kepada orang tua kita, tidak ada masalah, Allah akan ganti yang lebih baik. Jangankan kita, antum lihat orang-orang kafir saja yang berbuat baik kepada orang tua, luar biasa dikasih kehidupannya oleh Allah. Ini padahal orang kafir, apalagi orang Islam yang taat kepada Allah dan berbuat baik kepada orang tua. Sebab Allah kaitkan:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Allah mewajibkan tidak boleh kalian beribadah melainkan hanya kepada Allah dan berbuat baik kepada orang tua.” (QS. Al-Isra[17]: 23)

Berita Lainnya :   Cak Amir Stafsus Gubernur Bidang Agama, Manfaat Berwudhu

Allah juga berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّـهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا…

“Beribadahlah kepada Allah, jangan berbuat syirik, dan berbuat baiklah kepada orang tua…” (QS. An-Nisa[4]: 36)

Jadi, pada orang tua, ini adalah kesempatan. Selama kita masih ada umur, lakukan terus. Kalau bisa kunjungan ke orang tua setiap hari, maka lakukan tiap hari. Jika tidak bisa setiap hari, lakukan tiap pekan. Jika tidak bisa setiap pekan, lakukan tiap bulan kalau jauh di luar kota. Artinya ini harus terus berbuat baik dengan apa yang bisa kita lakukan.

Jangan datang ke orang tua menyusahkan mereka. Ada anak yang sudah dari kecil dia dibiayai hidupnya sampai dewasa sampai nikah, setelah itu dia datang ke orang tua menyusahkan. Jangan demikian. Apa yang kita bisa bawa untuk orang tua kita, apa yang menggirangkan dia, menyenangkan dia. Umpamanya kita mampu dan dia minta umroh, maka berangkatkan umroh. Kita ada uang dan dia minta haji, berangkatkan haji. Ini tidak ada masalah dan Allah akan ganti yang lebih baik.

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Syahwat Politik Jelang Muktamar NU ke 34

NU Sumsel Online -Muktamar NU di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, masih akan berlangsung bulan Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *