Cak Amir Berikan Wejangan Siswa SMA 3 Palembang Sekaligus Doakan Herman Deru

NU Sumsel Online – Ketua pengurus wilayah nahdlatul ulama (PWNU) Sumatera Selatan KH. Amiruddin Nahrawi M.Pdi sekaligus Stafsus Gubernur Sumsel memberikan tausiyah kepada peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang (31/5).

Cak Amir sapaan akrab KH. Amiruddin Nahrawi menjelaskan Adab Menuntut Ilmu, Rasulullah adalah makhluk termulia yang memiliki pengetahuan luas luar biasa, sehingga tidak salah jika beliau dinobatkan sebagai manusia paling berpengaruh sepanjang masa, bahkan oleh orang-orang non-muslim sekalipun mengakuinya.
Dalam kaitannya dengan menuntut ilmu, Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Kata Rasul: menutut ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan. Kalau dalam bahasa kitabnya, muslim laki-laki, perempuan ini masih nakiroh…artinya masih umum, baik dia muslim anak kecil, baik dia muslim orang besar, sampai kakek-kakek dan nenek-nenek masih diwajibkan menuntut ilmu.

Berita Lainnya :   Ketua PWNU Sumsel Cak Amir Menolak Tegas Perpres Investasi Miras

Dalam menuntut ilmu itu, perlu diperhatikan beberapa adab, yaitu:

1. Niat
Niat dalam menuntut ilmu adalah untuk mencari ridha Allah, dan hendaknya diiringi dengan hati yang ikhlas benar-benar karena Allah.

2. Bersungguh-sungguh
Dalam menuntut ilmu haruslah bersungguh-sungguh dan tidak pernah berhenti, seperti kata pepatah arab manjjada wajada (siapa sungguh-sungguh pasti dapat).

3. Terus-menerus
Hendaklah kita jagan mudah puas atas ilmu yang kita dapatkan sehingga malas untuk mencari ilmu lagi, Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi dilakukan secara terus menerus, dibandingkan amalan yang banyak tetapi hanya dilakukan sehari saja.

Berita Lainnya :   Cak Amir Wakil Ketua Umum MUI Sumsel Tausiyah Dikediaman H. Johan Deliaswaldi

4. Sabar dalam menuntut ilmu
Salah satu kesabaran terpuji yang harus dimiliki oleh seorang penuntut ilmu adalah sabar terhadap gurunya dan kita jangan cepat putus asa dalam menuntut ilmu jika mendapatkan kesulitan dalam memahami dan mempelajarinya.

5. Menghormati dan memuliakan orang yang menyampaikan ilmu kepada kita.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dinas pendidikan yang diwakili oleh Nasrul M.Si, perwakilan pemprov sumsel Dr. Sunarto dan Kepala Sekolah SMA 3 Palembang Bapak Sugiyono M.Si. (Al)

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Cak Amir Ziarah ke Makam Sultan Mudaffar Sjah II Ternate

NU Sumsel Online – Ketua PWNU Sumsel KH. Amiruddin Nahrawi disela kunjungannya ke Provinsi Maluku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *