Amalan Malam Nuzulul Quran yang Dapat Dikerjakan Umat Muslim

Pada dasarnya setiap ibadah yang dikerjakan umat muslim atas ketaatannya kepada Allah SWT dapat mendatangkan banyak pahala dan juga rahmat-Nya. Apalagi jika ibadah-ibadah tersebut dikerjakan saat bulan Ramadhan, maka keberkahan yang diterima oleh umat muslim itu pun dapat berlipat ganda. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya bagi umat muslim untuk memperbanyak beribadah di bulan Ramadhan untuk mencari rahmat dan pahala yang banyak dari Allah SWT.

Pada saat malam nuzulul quran sendiri ada banyak sekali amalan ibadah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim. Adapun diantara amalan malam nuzulul quran yang dapat dikerjakan tersebut diantaranya sebagai berikut:
Membaca dan Tadarus Alquran
Sebagai momen istimewa peringatan diturunkannya alquran, maka umat muslim juga diajurkan untuk memperbanyak membaca dan tadarus alquran. Dengan mengamalkan ibadah satu ini, maka akan ada banyak pahala yang bisa di dapatkan umat muslim. Rasulullah SAW sendiri bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).
Sholat Malam
Mendirikan sholat malam selama bulan Ramadhan merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Pasalnya ibadah tersebut dapat mendatangkan banyak keberkahan dan ampunan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “…Rasulullah saw bersabda: ‘barangsiapa mengerjakan sholat (sunnah di malam hari) bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala (Allah), niscaya dosa-dosanya yang terdahulu diampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Memperbanyak Dzikir
Dzikir dan senantiasa mengingat serta memuji Allah SWT merupakan amalan yang penuh keutamaan. Adapun salah satu keutamaan berdzikir ialah mendatangkan ampunan dosa dari Allah SWT sebagaimana isi hadist berikut: “Tidaklah suatu kaum berkumpul untuk berdzikir dan tidak mengharap kecuali ridho Allah kecuali malaikat akan menyeru dari langit: ‘Berdirilah kalian dalam keadaan terampuni dosa-dosa kalian’.” (HR. Ath-Thabrani).
Memperbanyak Berdoa
Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Pasalnya disebutkan dalam sebuah hadist bahwa bulan Ramadhan termasuk waktu mustajabnya doa. Rasulullah SAW bersabda “Tiga orang yang doanya tidak ditolak, (1) orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (2) pemimpin yang adil, (3) doa orang yang terdzolimi.” (HR. Ath Tirmidzi)
Demikianlah ulasan singkat tentang amalan malam nuzulul quran yang dapat dikerjakan umat muslim untuk mencari dan meraih rahmat serta keberkahan Allah SWT.

About Redaksi NU Sumsel

Check Also

Syahwat Politik Jelang Muktamar NU ke 34

NU Sumsel Online -Muktamar NU di Provinsi Lampung, Pulau Sumatera, masih akan berlangsung bulan Desember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *